Pasar Tradisional








Lebaran tinggal sehari lagi. InsyaAllah Selasa kita merayakan hari yang Fitri ini. Pagi ini karena belum ada kepastian kapan tepatnya 1 Syawal 1427 apakah hari Senin atau Selasa, maka aku pagi-pagi ikutan mama ke pasar. Tadinya rencananya mau ke Makro, cuman kalo beli ketupat kan lebih segar di pasar tradisional. Hmm udah lama banget aku gak ke pasar tradisional di Cijantung. Sebetulnya memang aku paling males ke pasar tradisional. Dulu waktu SMP sih lumayan sering kalau ada praktek tata Boga :-) Waktu SMA juga yah sekali2 suka kesana juga. Cuman pas kuliah, wiiihh paling males deh kalo ke pasar tradisional. Selain panas, becek, bau dsb dsb. Tapi herannya, mamaku paling hobi banget ke pasar tradisional. Apalagi kalo lagi ada hajatan atau pengajian di rumah, wah bisa sehari 2 kali atau lebih ke pasar... :-D. Yah memang sih di pasar itu harganya murah, bisa ditawar dan biasanya daging atau ikannya lebih segar dibandingkan di supermarket.
Nah pagi tadi, aku kembali bernostalgia ke pasar tradisional. Yaah mumpung libur, lagian kan juga bantuin orang tua. Seperti yang diduga pasar penuuuuhhh banget. Secara emang mau Lebaran siih...jadi orang-orang pada beli bumbu jadi, kelapa, bawang, cabe, dan ketupat. Wiiiihhh, aku mengikuti mama sampai masuk ke dalam pasar karena mama emang berniat membeli bumbu buat rendang dan opor. MasyaAllahh penuh bangeeeettt, udah sempit, becek, panas...hmmm keringat langsung mengucur deras di dahi dan pelipis. Semua orang berlomba-lomba berbelanja untuk keperluan Lebaran...
Jadi, bagi siapapun yang hendak berbelanja ke pasar tradisional, berikut adalah tips-tips:
1. Pakailah pakaian yang menyerap keringat dan adem. Karena lingkungan pasar yang sumpek membuat kita keringatan terus. Dan sebisa mungkin pakailah pakaian yang jelek..nggak usah yang bagus-bagus
2. Jangan memakai sandal yang bagus. Pakailah sandal yang jangan terlalu teplek karena lantai pasar tradisional yang biasanya becek dan penuh kubangan air
3. Nggak usah mandi dulu kalau mau ke pasar tradisional :-P. Biasanya sih kalau abis ke pasar, kita pasti langsung ingin mandi. Gak tahaaannn....
4. Bawa tissue atau saputangan untuk mengelap keringat yang tanpa disadari sudah menetes di kening
5. Handphone sebaiknya tidak usah dibawa
6. kemampuan menawar dan memilih barang harus diasah :-P
Pasar Tradisional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dini

No comments: