Wednesday, October 25, 2006

Selamat Tinggal Ramadhan 1427 H


Akhirnya Ramadhan berakhir tepat di hari Senin, 23 Oktober 2006. Terlepas dari segala perbedaan yang menyebutkan bahwa 1 Syawal 1427 H jatuh di hari Senin, namun pemerintah menetapkan bahwa 1 Syawal 1427 H jatuh di hari Selasa. Berakhirnya Ramadhan sungguh membuat aku sedih dan merenung terutama di akhir-akhir Ramadhan. Amalan apa saja yang telah kulakukan selama Ramadhan di tahun ini? Sekali lagi aku sesali, aku tidak memanfaatkan Ramadhan ini dengan semaksimal mungkin. Bulan seribu bulan, bulan yang terbaik di antara semua hari dan saat, bulan yang tidak tertandingi di hari-hari manapun, bulan yang paling menyedihkan ketika ditinggal, kawan yang ditunggu yang menyedihkan perpisahannya…. Di Ramadhan ini begitu banyak target yang tidak tercapai. Bacaan Al Quran-ku tidak khatam, aku tidak setiap hari bisa bertarawih, aku tidak banyak berdzikir mengingatmu dan masig banyak emosi yang meluap pada saat puasa. Niatku untuk bertarawih satu kali saja di Mesjid At-Tiin tidak tercapai. Kesibukan bekerja dan kondisi kota Jakarta yang sangat macet pada saat jam pulang kerja membuat aku terkadang terlalu lelah sehingga aku tidak sempat lagi melakukan amalan-amalan di malam hari. Sungguh, betapa sedih aku saat aku menyadari bahwa sudah banyak sekali hari-hari Ramadhan yang terlalui begitu saja. Dan tiba-tiba sudah saatnya merayakan Idul Fitri.
Seperti doa yang aku kutip dari buku “Doa & Amalan Harian di Bulan Ramadhan” terbitan Zahra yang aku baca di saat-saat terakhir Ramadhan:

Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa kami saat ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidup kami
Seandainya Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa terakhirku, maka jadikanlah sebagai puasa yang dirahmati
Dan janganlah Engkau jadikan sebagai puasa yang tidak diterima
Amiennn….

Semoga aku dan keluargaku bisa bertemu kembali dengan Ramadhan tahun depan…

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1427 H
Mohon Maaf Lahir dan Batin

No comments:

Kenangan yang Pupus ditelan Dinginnya Angin di Kota Paris

See this video about Paris https://m.youtube.com/watch?t=6s&v=JABOZpoBYQE Dan entah kenapa aku merasa sedih. Teringat Paris, beserta...