Macaroni schotel-nya Dini :-)


Mulai minggu ini aku berencana mau belajar masak... ;-) Udah niat banget seminggu sekali kalau hari Sabtu/Minggu mau praktek satu atau dua jenis masakan. Buku kumpulan resepnya sih udah ada, tinggal dipraktekkin aja. Nah hari ini aku memulai dengan memasak Macaroni schotel.
Aku emang gak pernah masak, tapi kalau dipikir-pikir nanti aku canggung kalo sama sekali nggak pernah ke dapur. Akhirnya membulatkan tekad deh harus mulai belajar masak. Dan tadi hasilnya lumayan kookkk ;-) Rencananya besok mau masak sup kimlo. Trus minggu depan mau masak mie rebus jawa sama bakwan udang. Moga-moga niat ini terus ada yah.... Alias nggak diserang penyakit M alias Males hehehehhehe. InsyaAllah.
Oya ini dia resepnya:
Macaroni Schotel
Bahan :
- 500 gr kentang, rebus
- 1 kotak Macaroni
- 300 gram Daging Ayam/Sapi (dicincang/disuwir2)-
1 buah Keju Balok (diparut)
- 1 bungkus Kaldu Ayam/Sapi- 500 ml Susu Cair
- 2 butir Telur Ayam (dikocok lepas)-
1 ikat seledri (dicincang halus)
- 1 siung Bawang Bombay
- 5-7 siung Bawang Putih
- Pala, Lada & Garam secukupnya
Cara Membuat:
1. Rebus kentang, hancurkan. Campur dengan 1 telur yang dikocok dan sedikit mentega
2. Rebus macaroni dengan sedikit garam. Setelah matang, tiriskan, siram dengan air dingin, sisihkan.
3. Tumis bawang putih & bawang bombay hingga harum, lalu masukkan daging, seledri & bumbu2nya. Masukkan susu cair, separuh keju parut & kaldu ayam, dan seledri lalu macaroni yg ditiriskan. Lalu masukkan telur yang dikocok. Aduk hingga rata
4. Masukkan sebagian kentang yang telah dihancurkan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega. Lalu masukkan adonan isi dan di atas adonan isi masukkan lagi sisa kentang yang telah dihancurkan. Aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam adonan macaroni.
5. Taburkan keju parut di lapisan paling atas. Panggang di oven sekitar 25-30 menit atau dikukus (kalau lebih suka yang basah).
6. Hidangkan hangat2 dengan sambel botol & saos tomat.
Macaroni schotel-nya Dini :-) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dini

No comments: