Sunday, April 12, 2009

What an Exciting Journey.... :-)

Menghadapi long weekend kali ini yang lumayan panjang (Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu), tadinya aku gak punya rencana apapun. Malah tadinya mau ke Bandung. Cuman ternyata aku diajak teman YISC Al Azhar buat ke Bromo. Hmm tawaran yang sangat menarik banget secara aku emang belum pernah ke Bromo yang udah terkenal sama keindahannya. Tadinya kupikir bakalan ambil cuti dan aku kan masih pegawai baru jadi gak bisa ambil cuti. Tapi ternyata gak perlu ambil cuti karena liburan Pemilunya berbarengan dengan liburan Paskah dan langsung nyambung ke weekend.

Akhirnya berangkatlah hari Rabu sehabis pulang kantor langsung ke Gambir. Untung aja kantorku deket banget sama Gambir jadi gak usah ijin pulang cepet.
Sampai di Malang kira2 jam 11 siang. Abis beres2 di hotel Helios dan makan siang nasi pecel di daerah Kawi, kita langsung menuju air terjun Coban Rondo.

Air terjun Coban Rondo ini terletak di daerah pegunungan deket Batu. Hmm udaranya sejuk dan dinginn.... disini kita gak terlalu lama karena emang udah sore. Ngejar waktu juga siih.
Abis dari Coban Rondo kita yang masih sempet makan bakso dulu di daerah Payung. Nah disini mulai ada pembicaraan akan kemanakah kita besok. Anak2 yang kekeuh mau ke Pulau Sempu. Jadi pulau Sempu adalah pulau cagar alam tak berpenghuni yang terletak di Selatan Malang. Disana ada laguna-semacam danau kecil- yang ada karena air laut yang mengalir ke situ. Katanya sih mirip sama Phi Phi island di Thailand Untuk menuju Sendang Biru –tempat penyeberangan ke Pulau Sempu- butuh waktu kira-kira 2.5 jam. Dari sana menuju laguna kita harus jalan kaki selama 1.5 jam. Aku sebetulnya dari awal udah agak2 keberatan ke sana karena aku emang gak pernah punya pengalaman jalan kaki ke gunung dengan medan yang berat. Lagian aku jalannya juga gak cukup cepat. Nanti aku ketinggalan gimana doong....Tapi anak2 lain yang semua setuju, ya mau gak mau akhirnya aku setuju.

Besoknya kita berangkat pagi jam 8. Sampai di Sendang Biru yang jam setengah 11 siang. Cuman kita sepakat nungguin sholat jumat dulu. Jam setengah 2 kita baru berangkat menyeberang Pulau sempu. Emang udah cukup telat sih berangkatnya. Dari awal sampai di pulau pun kita udah basah2an karena perahunya gak bisa mencapai pantai...akhirnya ya nyebur aja menuju ke pantai. Dari situ ternyata benerrr banget. Medannya beraaatt...Jalannya setapak, licin, becek dan banyak rintangan2 kayak pohon rubuh. Langsung aja aku yang bersimbah peluh dan agak ketinggalan dibanding yang lain. Untung aja temen2ku yang pada siap bantuin aku. Dan jalannya itu gak cuman mendatar, tapi yang naik turun.

Akhirnya sampai juga di laguna yang dimaksud. Lagunanya emang indah walaupun air di laguna lagi surut. Cuman gak mengurangi semangat kita untuk foto2. Jadi di situ ada view bagus yang menghadap ke samudera Hindia...Untuk melihat nya kita harus ke karang2 terjal. Cuman rasanya damai pas udah di atas...trus ada lagi view bagus untuk dilihat. Yaitu karang bolong tempat masuknya air laut ke laguna itu. Tapi disini aku gak mau naik ke atas karena terjal bangettt...Dan untung aja aku gak kesana karena ternyata karang disana tuh yang bener2 tajam. Anak2 yang pada nyeker gak pake sandal kakinya yang pada iritasi. Soalnya selain karang tajam ada juga ancaman lain, yaitu bulu babi yang ada dimana2. Daripada keracunan bulu babi mendingan kena karang tajam deh...

Dari Pulau sempu kita pulang jam 5. Udah sangat2 telat karena kita butuh waktu 1.5 jam juga. Aku, Saby, Andik dan Deni yang agak ketinggalan karena Dince, Mirel serta Pak Agus (guide kita) udah duluan. Dan ternyata yang namanya hutan emang lebih cepat gelap dari biasanya. Jam 5.15 tuh suasana yang udah gelap. Kita pun mempercepat langkah. Aku sendiri yang udah ngos2an nafasnya. Untung Andik dan Deni yang bawa senter. Hutan bener2 gelap dan medannya yang berat membuat kita jadi agak2 kesulitan. Rasanya waktu berjalan sangat lama pada saat itu karena emang kok gak sampe2 ya pantainya. Aku yang udah berdoa2 dan udah pasrah, pokoknya ikut aja dibimbing temen2ku saat itu. Andik yang malah sempet2nya bercanda bilang gini..ayo mulai berhitung....awas jangan ada orang kelima...Haduuhh bikin ngeri ajaa siihh.

Akhirnya setelah sekian lama sampai juga di pantai sekitar jam setengah 7. Mirel dan Dince yang udah nungguin dan Pak Agus yang udah bersiap2 kalau memang kita gak dateng2 mau nyamperin. Alhamdulillah masih diselamatkan sama Allah....Huhuhu....aku yang langsung berpelukan dengan Mirel. Secara aku kan anak bawang di antara mereka yang udah sering pergi ke gunung :-p Bener2 Sempu Nite Trekking nih....sekalinya naik gunung langsung di medan yang berat. Muka anak2 yang udah pada keringetan, basah, lengket dan kedinginan. Akhirnya kita pun menuju Malang dengan rasa capek, ngantuk dan kepengen mandi banget.

Sampai di hotel udah jam setengah 11 dan kita hanya punya waktu sebentar karena jam 1 malam kita yang harus siap menuju Bromo mengejar sunrise. Aku hanya bisa tidur sekitar 1.5 jam untuk selanjutnya langsung siap2 ke Bromo. Kaki ku yang masih terasa sakit karena jalan jauh dari Sempu kemaren. Sampai di Penanjakan kira2 jam setengah 4 dan kita nungguin saat matahari terbit. Udara dingin menerpa aku...aku perkirakan suhu sekitar 8 derajat celcius.

Dan Subhanallah....rasa capek itu terbayar dengan melihat semburat kemerahan di ufuk timur sana. Perlahan2 warna oranye menyeruak menerobos awan dan akhirnya terlihatlah bola kecil merah yang makin lama makin membesar dengan latar pegunungan BTS (Bromo Tengger Semeru). Maha Suci Allah yang telah menciptakan alam ini.... Setelah puas foto2 kita lanjut lagi menuju kawah Bromo. Menuju Kawah Bromo pemadangan sungguh indah. Padang pasir dimana2 dan lagi2 kita foto2 doongg... Pokoknya kita puas2in foto2. Di Kawah Bromo aku gak ikutan naik ke atas (250 anak tangga!). Aku naek kuda di sekitar situ sambil melihat keindahan Bromo. Abis dari situ kita lanjut lagi ke pasir berbisik, menuju savana padang rumput luas dan ada bukit hijau yang mirip dengan bukit nya teletubbies dan terakhir menuju ke Ranu Pane yang berupa danau alam di kaki bukit Semeru....

Akhirnya jam 11 siang kita balik lagi ke Malang karena mengejar kereta Gajayana jam setengah 5 sore. Liburan sudah berakhir. Rasanya gak cukup cuman 3 hari disana karena kita gak sempet wisata kuliner disana  Rawon malang, cwie mie, es krim Oen dan bakso bakar belum sempet kita cicipi. Alhamdulillah liburan kali ini yang bener2 berkesan bangetttt walaupun menyisakan kaki yang pegal2 dan mata kaki yang bengkak sampai sekarang....

Salah satu halang rintang yang harus kita lalui....

Latar belakang Samudera Hindia

Setelah melewati medan yang berat....

Semburat langit kemerahan menyambut datangnya sang mentari

Subhanallah...muncul juga sang mentari

Berkuda di Bromo

Di antara ilalang

Dan next destination kemana ya? Belitung? Atau ada ide lainnya?

ayyash said...

wow! Bener-bener exciting... Saya aja yang ada di Wonogiri belum kesampaian ke Bromo. Selamat!
Ohya, jadi ketahuan juga deh! Dini pasti gak ikut nyontreng ya? Ikut golongan pemenang pemilu dong.. Golput!

Dini said...

Iyaaa kereeen bangett disana. Makanya kesana dong Pak :-)
Haha ketahuan gak nyontreng :-p gak ada niatan mau golput kook pak..rencananya pengen nyontreng (walaupun masih agak bingung), tapi ternyata emang gak bisa ikutan...ndilalah diajak ke Bromo :-D

Kenangan yang Pupus ditelan Dinginnya Angin di Kota Paris

See this video about Paris https://m.youtube.com/watch?t=6s&v=JABOZpoBYQE Dan entah kenapa aku merasa sedih. Teringat Paris, beserta...