Wednesday, July 26, 2017

Love Your Self !!!

Kemarin pada saat di timbang pada saat ke dokter, aku sempat syok melihat angka yang tertera di timbangan. My God, angka timbangan sudah mencapai kepala 6 alias sudah 61.9 kg. Ya ampun, langsung tingkat kepercayaan diriku turun karena ngerasa kayak emak-emak gembrot yang buruk rupa hahahaha.

Btw soal kepercayaan diri, sejujurnya bisa dibilang aku ini dulu pas jaman abege termasuk orang yang gak percaya diri sama penampilan. Tau sendirilah masa2 teens itu merupakan masa-masa yang apa-apa dilihat dari penampilan luar. Aku ini dulu sosok nerd yang emang hobi belajar dan memang merasa tidak cantik. Melihat sosok-sosok di luar yang merupakan kebalikan dari aku, sungguh membuat hatiku pilu hihihihi. Gadis dengan rambut lurus panjang (while aku rambutnya ikal), tubuh tinggi (while aku bertubuh semampai alias semeter tak sampai hahaha... yaa tinggiku tuh yang cuman 154 cm cuy hikksss), kulit putih (while aku berkulit tidak terlalu putih), badan langsing (while aku sebetulnya gak gemuk-gemuk amat tapi karena aku pendek ya nambah 1 kg aja udah keliatan gembrot :-p). Satu yang aku banggakan memang cuman otakku yang lumayan. Yah gak malu-maluin lah sebagai langganan juara kelas dari kelas 1 SD sampai 3 SMA (bangga dong ah :-D).

Picture taken from here

Alhasil pas remaja aku agak menarik diri dari teman-teman yang keliatan cantik dan gaul karena ngerasa gak pede kalo gaul sama mereka. Sampai masuk kuliah pun masih gak pede walaupun pelan-pelan mulai memperbaiki diri. Kalau kulit muka, sedari SMA kelas 2 emang udah rajin ke dokter kulit. Dan Alhamdulillah gak ada masalah dengan kulit muka sama sekali, kecuali bruntus-bruntus masa remaja. Jerawat boleh dibilang jarang muncul karena emang kayaknya kami sekeluarga genetiknya emang gak jerawatan. Lalu pas kuliah mulai rajin merawat rambut, sempat bolak balik ngelurusin / smoothing rambut biar rambut lurus. And then sempat rajin berolahraga dengan ikutan aerobik deket rumah. Satu lagi yang bikin gak pede adalah kacamata aku. Si mata empat sejak kelas empat SD gara-gara hobi banget baca. Akhirnya sejak kuliah pun aku lebih suka pake soft lens.

Well, menginjak dewasa, alhamdulillah rasa PD ku makin lama makin tumbuh. Memang aku bukan cewek cantik tapi at least aku gak jele-jelek banget lah :-) Kalau dulu remaja masalah gak pede ini pasti terkait sama lawan jenis alis soal naksir-naksiran sama cowok. Yah sama aja, aku tuh merasa gak ada cowok yang suka sama aku. Walaupun kenyataannya sejak SMP ada aja sih cowok yang suka sama aku :-p Cuman ya emang gak jadian karena sayangnya aku gak suka sama cowok itu :-D. Begitupun pas SMA dan kuliah, ada aja cowok yang naksir aku. Walaupun bukan gadis populer tapi ya ternyata gak parah2 amat sih *ini sih mencoba menghibur diri ceritanya hahahaa.

Sampai aku pada suatu titik bahwa aku merasa nyaman dengan apa yang aku punya saat ini. Menerima kekurangan aku apa adanya dengan lebih ikhlas dengan mencoba menambah kelebihan yang aku punya dan mencoba memperkecil atau memperbaiki apa yang menjadi kekurangan aku. Dan juga pada akhirnya memang setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itu harus kita sadari dan pahami betul. Jangan merasa menjadi orang yang paling tidak beruntung karena percaya deh orang yang paling cantik pun pasti ada kekurangannya. Ya selain itu tambah umur tambah mature juga kan pastinya. Kalau masih teens kan emang masa-masa labil dan gejolak emosi ambil peran yang sangat besar.

Tapi emang sih, aku sendiri agak bingung bagaimana membuat para remaja merasa percaya diri dengan apa yang dia punya dan dengan tubuh mereka saat ini. Karena aku gak pengen apa yang aku alamin ini dialami juga sama anak-anakku kelak saat mereka remaja. Sangat gak nyaman banget dengan perasaan gak Percaya Diri ini hikksss. Mungkin aku akan lebih banyak baca2 buku parenting dan psikologi mengenai hal ini.

Alhamdulillah di usia ke-36 ini *weleh udah tua bener ya akyu hehehe, rasa gak pede ini udah hampir gak terjadi. Kadang-kadang aja tapi udah jaraaang banget :-)

Dan kembali lagi ke berat badan, udah tekad bulat bahwa aku akan diet untuk mencapai target 54 kg. Itu target awal 54 kg. Target berikutnya 52 kg. Kayaknya 52 kg udah paling mentok karena pas menikah pun aku berat badan awalnya emang 52 kg. Udah susah mencapai kepala 4 :-p

Hal pertama yang aku lakukan adalah katering diet Mayo dan sama sekali no cheating ya. Dan mencoba olahraga. Ini yang aku agak berat euy untuk olahraga. Baiklah semangat semangat Dinoy. Yayaya semakin semangat sebetulnya kalau ada pemicunya. Semoga yang menjadi penyemangat akan segera datang

No comments:

Kenangan yang Pupus ditelan Dinginnya Angin di Kota Paris

See this video about Paris https://m.youtube.com/watch?t=6s&v=JABOZpoBYQE Dan entah kenapa aku merasa sedih. Teringat Paris, beserta...