Tuesday, July 11, 2017

Crazy Rich Asians

Udah lamaaaa banget gak review mengenai buku. Ya iyalah, terakhir ngeblog juga di tahun 2010. Udah 7 tahun gak menulis jadinya bikin kangen berat ngeblog. Aku ini tipe yang suka curhat atau mengungkapkan apapun lewat tulisan. Dulu suka banget nulis diary pas jaman masih SD, SMP, SMA dan kuliah. Begitu lepas kuliah mulai ngeblog karena emang suka banget baca blog orang jadinya ikutan ngeblog deh.

Kali ini mau review buku karangan Kevin Kwan. Saat ini sudah ada 3 buku karangan Kevin Kwan yang semuanya bersambungan.


Sebetulnya awal baca buku ini karena dipinjamkan buku Crazy Rich Asians dari sepupuku. Mungkin karena dia tahu aku suka banget membaca, dipinjamkanlah buku ini. Aku pikir ini buku apa ya, tebal amat. Tapi karena penasaran, I keep reading. Dan ternyata aku sangat menikmati cerita yang disajikan oleh si penulis. Buku ini bercerita tentang kaum kaya (super kaya) di Singapore. Mereka yang disebut super kaya ini adalah keluarga kaya turun temurun yang bahkan mungkin lebih kaya dari penguasa. Bercerita mengenai Nicky, professor muda yang tinggal di New York yang hendak menikah dengan sesama professor muda di kampusnya. Yang jadi permasalahan adalah si gadis ini adalah gadis "biasa-biasa saja", di luar dari kebaikan dan kepintarannya. Hal inilah yang akhirnya berkembang menjadi suatu cerita menarik dan tidak hanya menyajikan cerita seputar Nick saja namun juga lingkaran keluarga di sekitar mereka.

Membaca buku-buku ini membuat aku berpikir bahwa ternyata memang ada ya kaum super kaya di dunia ini. Hal yang memang di luar jangkauan aku banget. Karena sejujurnya aku sendiri mempunyai sahabat yang memang sepertinya dari kaum super kaya seperti cerita di buku ini. Dan membaca buku ini membuat aku sedikit mengerti perilaku dari sahabatku ini yang kadang memang sempat membuatku bertanya-tanya. Well, pesawat jet pribadi, rumah super luas, asisten rumah tangga beserta kepala pengurus rumah tangga (yang jumlahnya bisa lebih dari 10 untuk satu rumah!), bodyguard, keinginan untuk tidak mempublikasikan diri (dan bahkan mungkin nama aslinya pun disembunyikan agar tidak terpublikasi secara luas), dan beberapa hal lain yang mungkin sampai saat ini masih menjadi pertanyaan adalah beberapa hal yang terjawab. Sebetulnya sebelumnya udah pernah punya buku (yang gak sengaja juga dipinjemin) yang isinya mengenai hal ini tapi versi Indonesia. Judulnya Pulang karya Tereliye. Well, gak ada yang serba kebetulan kan pastinya. Dengan membaca buku2 ini, seperti ditunjukkan :-D

Membaca buku ini juga membuatku merasa sangaaaaat jauuuhhh levelnya antara aku dengan sahabatku itu. Level secara apapun. Mulai dari ekonomi, pendidikan, latar belakang, etc, etc... sighhh. Aku mah apa atuhhh, rakyat kebanyakan hahaha. Sedangkan sahabatku itu, yayaya well bahkan akupun gak tau siapa dia sebenarnya. Ini kenapa malah jadi curhat colongan yaa hahahaha :-p

Intinya ini buku emang best seller dan emang rekomen buat dibaca. Tapi dari buku ini juga aku melihat, gak selamanya kekayaan itu bisa membuat kau bahagia. Ingat bahwa setiap manusia pasti punya masalah, sekaya apapun. Dan harus terus bersyukur banyak-banyak, alhamdulillah walaupun aku cuma rakyat kebanyakan, udah banyak banget nikmat Allah yang Allah kasih. Gak terhitung deh. Intinya saklar syukur harus tetap on dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Kalau emang suka baca, just read this book :-)

No comments:

Nikmat Sehat

Alhamdulillah akhirnya bisa posting ini. Dari kemarin udah pengen posting tapi apa daya tanganku tak mampu mengetik sehingga kutunda dulu ...